Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS AUDIO PADA MATERI DEBAT KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Nila Safina (Universitas Islam Sumatera Utara)
Rita Rita (Universitas Islam Sumatera Utara)
Rika Kartika (Universitas Islam Sumatera Utara)
Aderia Mustika Tanjung (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio Pada materi Debat. Pengembangan ini menggunakan metode RD (Research Develpoment) level 1, dibatasi pada tahap Desain teruji hanya sampai validasi ahli materi dan ahli desai tanpa penyebaran dan pengajaran ke subjek. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah Analisis Deskripstif Kualitatif.  Hasil Validasi dari kedua ahli materi menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio Pada materi Debat yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan peroleh rat-rata 4,44 dan 4.48 dalam kategori “sangat baik” dengan presentase kelayakan 88% dan 89% tergolong dalam kategori” sangat layak” dan hasil kedua ahli maedia menunjukan bahwa desain dan audio pada Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Audio yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan perolehan rata-rata 4,32 dan 4,68 dalam kategori “sangat baik”dengan presentase kelayakan 86% dan 93 % tergolong dalam kategori “sangat layak” Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Berbasisi Audio, pengembanga  RD (Research Devlopment) level 1, Materi Debat Abstract. This research is a development research that aims to determine how the development, feasibility and effectiveness of Audio-Based Student Worksheets on Debate material. This development uses the RD (Research Development) level 1 method, limited to the tested design stage only to the validation of material experts and design experts without dissemination and teaching to the subject. This research was conducted in class X MIPA 2 SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, North Sumatra Province. The research method used in this development research is qualitative descriptive analysis. The validation results of the two material experts show that the Audio-Based Student Worksheet on the Debate material developed is feasible to use with an average of 4.44 and 4.48 in the "very good" category with the feasibility percentage of 88% and 89% belonging to the category very feasible "and the results of the two media experts show that the design and audio on the Audio-Based Student Worksheet developed is feasible for use with an average gain of 4.32 and 4.68 in the" very good "category with a feasibility percentage of 86% and 93 % are in the "very feasible" category Keyword: Student Worksheets, Audio-Based, Level 1 RD (Research Development) Development, Debate Materials 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...