Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2020): Edisi September 2020

DEKONSTRUKSI DALAM NASKAH DRAMA UMANG-UMANG KARYA ARIFIN C. NOER

Nasrullah La Madi (Universitas Khairun, Kota Ternate)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan tentang dekonstruksi dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer. Terdapat hubungan sinergitas antara dekonstruksi dan karya sastra (drama) dalam naskah drama Uamang-Umang yang mengungkapkan ketimpangan sosial masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan fakta penundaan dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; (2) mendeskripsikan fakta jejak dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; (3) mendeskripsikan fakta tanda silang dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; dan (4) mendeskripsikan temuan keterkaitan fakta penundaan, fakta jejak, dan fakta tanda silang dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer. Kata Kunci: Dekonstruksi, Naskah Drama, Penundaan, Jejak, Tanda SilangAbstract. This research describes deconstruction in drama script of Umang-Umang work Arifin C. Noer. There is a synergy relationship between deconstruktion and literary work (drama) in drama script of Umang-Umang that express social inequality of society. The purpose of this study is (1) describes the fact of differace in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; (2)  describes the fact of trace in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; (3) describes the fact of sous rature in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; and (4) describes findings of relevance of  fact differance, fact trace, and fact sous rature drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer. Keywords: Deconstruction, Drama Script, Differance, Trace, Sous Rature

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...