Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 4, No 4 (2021)

Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning untuk Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Sebuah Studi Pengembangan)

Rini Dian Anggraini (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau)
Nahor Murani Hutapea (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau)
Aisyah Amalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika (berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa terkait materi sistem persamaan linier tiga variabel) berbasis problem based learning yang valid juga praktis. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Rokan IV Koto pada tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui teknik kuisioner lembar angket validitas dan angket praktikalitas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentase rata-rata. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, diperoleh bahwa skor rata-rata validitas silabus adalah 3,67, skor rata-rata validitas RPP adalah 3,81, dan skor hasil rata-rata validitas LAS adalah 3,79, sehingga perangkat pembelajaran matematika yang telah dikembangkan dikategorikan sangat valid. Persentase rata-rata kepraktisan LAS adalah 89,63% dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...