Jurnal Sylva Scienteae
Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Sylva Scienteae Vol 1 No 1, Edisi Agustus 2018

PENGAWETAN KAYU NANGKA (Artocarpus heterophyllus Lmk.) MENGGUNAKAN PENGAWET BORON DENGAN METODE RENDAMAN DINGIN UNTUK MENCEGAH SERANGAN RAYAP TANAH (Coptotermes curvignathus)

Indri Eka Fitriani (Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat)
Wiwin Tyas Istikowati (Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat)
Lusyani Lusyani (Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya absorbs, retensi, mengukur presentase pengurangan berat, derajat kerusakan, mortalitas rayap dan mengetahui keawetan kayu nangka yang diawetkan dengan pengawet boraks dan asam borat terhadap serangan rayap tanah. Berdasar data yang diperoleh, dapat ditentukan konsentrasi dan lama perendaman yang optimal pada pengawetan kayu nangka. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai keawetan kayu nangka setelah diawetkan menggunakan pengawet boraks dan asam borat terhadap serangan rayap tanah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Hasil dari penelitian menunjukan rata-rata nilai absorbsi 66,67 kg/m3-188,89 kg/m3, nilai rata-rata retensi teoritis 6,67 kg/m3-37,78 kg/m3, dan nilai rata-rata retensi aktual antara 33,33 kg/m3-111,11 kg/m3. Hasil nilai rata-rata pengurangan berat 3,12%-12,04%, nilai rata-rata derajat kerusakan 33,33%-66,67%, adapun nilai mortalitas rayap tanah menunjukkan hasil yang sama pada setiap perlakuan yaitu mencapai 100% kematian rayap tanah. Keawetan kayu nangka yang diawetkan dengan pengawet boraks dan asam borat yang optimal pada konsentrasi 10% dengan lama perendaman 4 jam. Hasil analisis sidik ragam lanjutan menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan konsentrasi dan lama perendaman yang digunakan berpengaruh nyata terhadap nilai absorbsi, retensi teoritis, dan retensi aktual.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jss

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

Jurnal Sylva Scienteae merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian di bidang kehutanan, meliputi Teknologi Hasil Hutan, Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, dan Konservasi Hutan. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Terbit pertama kali di bulan Agustus ...