MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2019): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pola Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri Kota Baru

Frowin Seran (Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIMOR)
Selestina Nahak (Program Studi Pendidikan Matematika UNIMOR)
Oktovianus Mamoh (Program Studi Pendidikan Matematika UNIMOR)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SiswaPada Materi Pola Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learningdi Kelas VIII SMP Negeri Kota Baru”.Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem based learning pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri Kota Baru?. Tujuan penelitian meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem based learning pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri Kota Baru.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasdengan menerapkan model pembelajaranProblem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 28 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer. Alat pengumpulan data adalahlembar observasi dan tes. Cara mengumpulkan data dengan mengadakan observasi dan tes. Pelaksanaan Penelitian dalam 2siklus, dengan tahapan perancanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik analisis data dengan menganalisis data hasil observasi dan hasil tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaranmenggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Pola Bilangan pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas setiap siklus yaitu siklus I sebesar 71,43% dan siklus II meningkat menjadi 82,14%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...