Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran RPP dan LKS materi Segiempat dan Segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Miomaffo Barat menggunakan pendekatan etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model Plomp. Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran, dilakukan pengumpulan data melalui validasi RPP dan LKS, observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar dan pengisian angket respon oleh siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif-deskriptif. Hasil analisis data yaitu: a) rata-rata hasil validasi RPP sebesar 4,37 (kategori baik) dan LKS sebesar 4,33 (kategori baik), menunjukkan perangkat RPP dan LKS memenuhi kriteria kevalidan; b) rata-rata Tingkat Kemampuan Guru mengelola pembelajaran pada kedua pertemuan sebesar 4,55 (kategori sangat baik) dan aktivitas siswa efektif sebesar 98,70%, menunjukkan perangkat RPP dan LKS memenuhi kriteria kepraktisan; c) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 85,19% dan rata-rata total persentase respon siswa sebesar 90,44% (kategori sangat positif), menunjukkan perangkat RPP dan LKS memenuhi kriteria keefektifan. Kesimpulannya, perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang dikembangkan dengan pendekatan etnomatematika ini valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2020