Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukansecara bersama- sama dan melibatkanbeberapa orang dalam pembagian tugas untuk mengerjakan pekerjaan demi tercapai tujuan secarabersama. Program bimbingan dan konseling merupakan keseluruhan rencana atau rangkaian yangdisusun dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik yang dilaksanakan pada periode tertentu.kerjasama dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling ini penting sekali agar lebih mudahmencapai keberhasilan. Penelitian ini difokuskan pada kerjasama guru bimbingan dan konselingdalam pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling (studi kasus di SMA Negeri 1Seputih Agung Lampung Tengah) tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian ini yaitu untukmengetahui bagaimana perencanaan program layanan bimbingan dan konseling, pelaksanaanprogram layanan bimbingan dan konseling, dan pelaksanaan program layanan bimbingan dankonseling dalam melakukan kerjasama dengan personil sekolah.Desain penelitian yang digunakanadalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subyek yang digunakan adalah gurubimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Seputih Agung. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri1 Seputih Agung. Data dalam peneliti diperoleh melalui wawancara dan observasi. Analisis datamenggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujiankeabsahan data dapat dilakukan dengan cara triangulasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwakerjasama guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program layanan bimbingan dankonseling (studi kasus di SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah) sudah maksimal.Kerjasama guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan program bimbingan dan konselingmelakukan beberapa tahap dalam penyusunan program bimbingan dan konseling dan gurubimbingan dan konseling sudah bekerjasama dengan personil sekolah yaitu wali kelas.
Copyrights © 2019