Counseling Milenial (CM)
Vol 1 No 2 (2020): June 2020

Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Media Gambar Kartun terhadap Kecemasan Belajar Peserta Didik SMK Ma’arif 05 Kotagajah Lampung Tengah

Achmad Irfan Muzni (Universitas Muhammadiyah Metro)
Agus Wibowo (Universitas Muhammadiyah Metro)
Eri Lestari (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Layanan konseling kelompok menggunakan media gambar kartun terhadap kecemasan belajar peserta didik SMK Ma’arif 05 Kotagajah Lampung Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan one Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 35 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 7 peserta didik dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrument dalam pengambilan data menggunakan metode kuesioner model skala Bogardus. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil perhitungan data adalah thitung = 13,951> ttabel = 1,894 dari signifikasi 0,05, selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 30,2 dan post-test sebesar 17,1 sehingga terjadi penurunan skor sebanyak 13,1. Hal itu menunjukan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan media gambar kartun berpengaruh positif terhadap kecemasan belajar peserta didik SMK Ma’arif 05 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. The purpose of this study was to determine the positive effect of group counseling services using cartoon media on the learning anxiety in SMK Ma'arif 05 Kotagajah, Central Lampung in Academic Year 2019/2020. This study used a quantitative experimental design with one Group Pretest-Posttest Design. The study population was 35 students. The research sample consisted of 7 students using purposive sampling techniques. The instrument in data collection used the Bogardus scale model questionnaire method. Analysis of the data used is the t test. The results of the calculation of the data are tvalue = 13.951>ttable = 1.894 from the significance of 0.05, in addition it is known that an increase in pre-test scores of 30.2 and post-test of 17.1 resulting in a decrease in scores of 13.1. It shows that group counseling services using cartoon media have a positive effect on student learning anxiety in SMK Ma'arif 05 Kotagajah, Central Lampung in Academic Year 2019/2020

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konselor

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Counseling Milenial (CM) Jurnal bimbingan dan konseling mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Muhammadiyah Metro lebih berpusat kepada ilmu pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Psikologi dan Psikologi Pendidikan. As well as the study of psychology education and other relevant guidance and ...