Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022

PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PANDANGAN GURU DAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH

Agung Dwi Bahtiar El Rizaq (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu aspek kehidupan yang harus menyesuaikan model pembelajaran tatap muka menjadi online dalam rangka memutus penyebaran COVID-19. Kondisi ekstraordinari yang berlangsung Tidak kurang dari 1 tahun memberikan respon beragam baik dari perspektif guru maupun siswa. Kajian ini mengulas perspektif guru dan siswa sekolah menengah mengenai pendidikan di masa depan pasca pandemi covid-19. Selanjutnya, kajian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner online kepada responeden dari 5 provinsi di Indonesia melibatkan 40 guru dan 14 siswa. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa (1) e-learning secara penuh belum mengakomodir beberapa nilai-nilai pendidikan yang hanya dapat disalurkan dalam proses belajar classical, (2) keterbatasan interaksi langsung menjadi perhatian khusus dalam impelemntasi e-learning, (3) keberlanjutan e-learning tergantung pada kesiapan sumberdaya dan infrastruktur, dan (4) Blended learning menjadi model pembelajaran pilihan dan paling cocok diterapkan untuk pendidikan dimasa depan. Kajian ini mengarahkan diskusi lebih lanjut pada model blended learning yang paling sesuai digunakan untuk keberlanjutan pendidikan dimasa depan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...