Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah dapat terintegrasinya pembelajaran mengenai bioetika dalam kurikulum pendidikan biologi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan bioetika mahasiswa biologi Universitas Samawa dalam hal permasalahan lingkungan. Latar belakang dari penelitian ini bermula dari maraknya permasalahan lingkungan khususnya di kabupaten sumbawa terutama mengenai adanya eksploitasi lingkungan akibat pertambangan ilegal. Eksploitasi lingkungan disebabkan minimnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sesuai dengan etika yang dikenal dengan bioetika. Melihat permasalahan tersebut, maka seyogjanya lulusan pendidikan biologi dibekali pemahaman akan etika lingkungan sehingga dapat mengambil andil sebagai jembatan penghubung masyarakat dengan lingkungannya. Oleh karena itu peneliti sangat tertarik untuk menganalisis pengetahuan bioetika mahasiswa pendidikan biologi Univesitas Samawa. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, koesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengetahuan bioetika mahasiswa pendidikan biologi terhadap permasalahan lingkungan masuk dalam katagori tinggi, artinya mahasiswa paham tentang bioetika dan sebagai mahasiswa pendidikan biologi yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungan tentu dalam pengaplikasiannya akan berpatokan pada etika sehingga tidak berdampak buruk baik untuk lingkungan dan mahkluk hidup lainnya.
Copyrights © 2018