Sriwijaya Bioscientia
Vol 2 No 1 (2021)

Kajian daya hambat ekstrak antibakteri dari isolat Actinomycetes terhadap Vibrio sp. resisten Ampisilin dan Tetrasiklin

Ratna Claudya Naomi Hutagalung (Jurusan Biologi, FMIPA UNILA, jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35144)
Christina Nugroho Ekowati (Jurusan Biologi, FMIPA UNILA, jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35144)
Salman Farisi (Jurusan Biologi, FMIPA UNILA, jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35144)
Sumardi Sumardi (Jurusan Biologi, FMIPA UNILA, jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35144)
Achmad Arifiyanto (Jurusan Biologi, FMIPA UNILA, jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung 35144)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Actinomycetes dengan kode isolat RH dan AF diisolasi dari tanah mangrove Hanura, Lampung Timur dan tanah rizosfer Sidoarjo. Kedua isolat diidentifikasi secara mikroskopis dan makroskopis. Isolat diseleksi berdasarkan aktivitas antibakteri, uji tantang terhadap Vibrio sp., dan didukung dengan uji patogenitas untuk mengetahui sifat patogen dari isolat tersebut.  Zat antibakteri dari isolat diperoleh melalui ekstraksi dengan pelarut metanol dan etil asetat.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolat RH dan AF mampu menghambat pertumbuhan Vibrio sp. resisten antibiotik. Pada uji tantang terhadap Vibrio sp. resisten antibiotik terbentuk zona jernih diantara kedua isolat yang menunjukkan bahwa isolat RH memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan Vibrio sp. resisten antibiotik. Pada uji patogenitas kedua isolat Actinomycetes RH tidak menunjukan kemampuan hemolisis apapun yang dibuktikan dengan tidak terbentuknya zona jernih pada medium agar darah, namun pada isolat AF menunjukan kemampuan β-hemolisis yang dibuktikan dengan terbentuknya zona jernih pada medium agar darah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sribios

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology

Description

Publikasi karya ilmiah secara berkala melalui jurnal elektronik sebagai tujuan SRIWIJAYA BIOSCIENTIA. Karya ilmiah yang dipublikasi oleh SRIWIJAYA BIOSCIENTIA termasuk dalam bidang ilmu Biologi murni dan Biologi terapan. Biologi murni termasuk Ekologi, Biosistematika, Fisiologi, Biologi ...