Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5, No 2 (2021)

Pengembangan Modul Pembuatan Ecobrick Sampah Plastik Sebagai Sarana Pengembangan Diri Berbasis Ecopreneurship Di SMA Kelas X

Akbar Handoko (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Bambang Sri Anggoro (Program Studi S-1 Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
M. Marzuki (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hamzanwadi, Indonesia)
Putri Nuragustin (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2021

Abstract

Ecopreneurship adalah istilah untuk mewakili proses atau prinsip kewirausahaan guna mengatasi masalah lingkungan. Tujuan penelitian (1)  mengetahui kelayakan modul pembuatan Ecobrick sebagai sarana pengembangan diri berbasis Ecopreneurship di SMA kelas X. (2) mengetahui tanggapan peserta didik dan guru mengenai  modul pembuatan Ecobrick sebagai sarana pengembangan diri berbasis Ecopreneurship di SMA kelas X. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation) yang dilakukan secara menyeluruh tanpa adanya batasan. Uji coba penelitian  dengan dua kelompok yakni kelompok kecil (30 peserta didik) dan kelompok besar (64 peserta didik). Hasil penelitian adalah modul pembuatan Ecobrick. Kualitas dari modul pembuatan Ecobrick sebagai berikut: (1) ahli media diperoleh persentase 82,29 % dengan kriteria “sangat layak”, (2) ahli bahasa diperoleh persentase 81,81 % dengan kriteria “sangat layak”, (3) ahli materi diperoleh persentase 97,72 % dengan kriteria “sangat layak”. Hasil tanggapan pendidik biologi diperoleh persentase 83,33 % dengan kriteria “sangat layak”. Hasil penilaian pendidik kewirausahaan diperoleh persentase 79,16 dengan kriteria “layak”. Hasil tanggapan peserta didik diperoleh 88,47 % dengan kriteria “sangat layak”. Dari hasil penilaian modul dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan.Keywords: Modul pembuatan Ecobrick, Ecopreneurship

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...