Upaya pembangunan dalam bidang kesehatan masyarakat adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang prima. Perawat kesehatan masyarakat diharuskan memiliki kompetensi untuk mewujudkan pelayanan yang prima. Penelitian ini bertujuan mengatahui bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat kesehatan masyarakat di Puskesmas Barombong. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional study, yang bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel sesuai dengan tujuan penelitian yakni bagaimana kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat kesehatan masyarakat di Puskesmas Barombong. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat yang terdapat dalam struktur di Puskemas Barombong sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Metode analisis data menggunakan bivariat dengan uji chisquare. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kepuasan pasien dipengaruhi dari etika, disiplin kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan, dan kepuasan pasien tidak dipengaruhi dengan sertifikat kompetensi. Disarankan bagi perawat wajib memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan skill dan pengetahuannya agar tercipta pelayanan kesehatan yang prima bagi pasien.
Copyrights © 2023