Jurnal Progress Administrasi Publik (JPAP)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Progress Administrasi Publik (JPAP)

IMPLEMENTASI PELAYANAN KREDIT USAHA RAKYAT PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT NATAR DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Ayu Nadia Pramazuly (Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UTB Lampung)
Rosidah Rosidah (Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UTB Lampung)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wacana mengenai pemberian kredit untuk usaha kecil, menengah, dan koperasi, sebagai upaya pemerintah memberikan subsidi kepada pelaku usaha. Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan program mikro pemerintah yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi. Pemerintah juga mendorong peningkatan akses Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi kepada kredit atau pembiayaan dari perbankan melalui peningkatan kapasitas Perusahaan Penjamin, sehingga Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Koperasi yang selama ini mengalami kendala atau kesulitan dalam mengakses kredit atau pembiayaan dari perbankan dapat diatasi. Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dipilih karena seringkali terjadi kesalahpahaman persepsi mengenai agunan, yang mengakibatkan terjadinya pengembalian kredit yang tidak tepat waktu atau kredit bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi penelitian di Kantor BRI Unit Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kata Kunci: Pelayanan, Kredit Usaha Rakyat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Progress Administrasi Publik berfokus pada pengembangan studi kebijakan pubik, pelayanan publik, ilmu politik dan manajemen pemerintahan. Jurnal ini sebagai wadah publikasi ilmiah penelitian para akademisi baik dilingkup UTB maupun diluar UTB yang memiliki keilmuan yang ...