Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Penyusunan Latihan Fisik Pada Anggota Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD)

Iwan Hermawan (Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta)
Haryan Indrawira (Jasmani Militer Kostrad, Komando Cadangan Strategis AD/Darma Putra Jasmani Militer, Jawa Barat)
Uzizatun Maslikah (Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta)
Gatot Jariono (Program Studi Pendidikan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Haris Nugroho (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keolahragaan, Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2021

Abstract

Pentingnya melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan hasil diskusi dengan pelatih fisik komando strategis Angkatan darat (KOSTRAD) sebagai mitra tentang kendala-kedala yang dialami terkait dengan penyusunan program latihan untuk meningkatkan kondisi fisik. Berdasarkan fakta tersebut peneliti sekaligus sebagai pengabdi memberikan alternatif berupa solusi salah satunya memberikan pelatihan dan menyusun program latihan fisik melalui ilmu kepelatihan dengan pendekatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan performa anggota KOSTRAD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa anggota KOSTRAD memperoleh pemahaman tentang penyusunan program latihan tanpa menggunakan senjata dan latihan menggunakan senjata. Latihan menggunakan senjata terdiri dari angkling, mountain climber, burpees, plank dinamis, side plank, supine plank, pull ups, push ups, biceps curls. Latihan menggunakan senjata terdiri dari: angkling, lunges, ski lunges, bysicle crunches, back ups, Cuban rotation, side plank with twist (kanan), dan side plank with twist (kiri).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...