PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Model Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Siswa Kelas VIII

Feri Elsandi (Universitas Lampung)
Syaiful M (Unknown)
Suparman Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2017

Abstract

The purpose of this research was to find out the influence of mnemonic model toward students social cognitive learning outcomes class VIII. The methodology which used in this research was true experimental design with posttest-only control design. Based on data analysis can be concluded that tcalculated= 7.259 ttable = 2.65, so H0is rejected. The result of data analysis shows that there was influence of mnemonic model towards students IPS cognitive learning outcomes class VIII SMP Negeri 1 Katibung.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model Mnemonik terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan menggunakan tipe posttest-only control design. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung = 7,259 ttabel = 2,65, sehingga H0 ditolak. Jadi hasil analisis data secara kuantitatif Model Mnemonik berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa pada jenjang pengetahuan IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Katibung.Kata kunci: hasil belajar kognitif, ips, model mnemonik

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...