PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 PURBOLINGGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Resti Apriana (Unknown)
Maskun Maskun (Unknown)
Nur Indah Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Efektivitas Penggunaan WhatsApp Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas IPS 1 Di SMA Negeri 1 Purbolinggo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan whatsApp grup dalam pembelajaran sejarah pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi sejarah yang disampaikan melalui whatsApp grup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan guru sejarah di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Hasil Penelitian bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi sejarah berdasarkan perhitungan menggunakan rumus presentase diperoleh hasil 44% dalam kategori rendah. Berdasarkan  hasil perhitungan menunjukan bahwa penggunaan whatsApp grup dalam pembelajaran sejarah tidak efektiv. Kata Kunci : WhatsApp Grup, Pembelajaran Sejarah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...