Efektivitas Penggunaan WhatsApp Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas IPS 1 Di SMA Negeri 1 Purbolinggo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan whatsApp grup dalam pembelajaran sejarah pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi sejarah yang disampaikan melalui whatsApp grup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan guru sejarah di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Hasil Penelitian bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi sejarah berdasarkan perhitungan menggunakan rumus presentase diperoleh hasil 44% dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa penggunaan whatsApp grup dalam pembelajaran sejarah tidak efektiv. Kata Kunci : WhatsApp Grup, Pembelajaran Sejarah
Copyrights © 2021