PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Suhanda Suhanda (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
Syaiful M (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2017

Abstract

The purpose of this study is to determine "whether there is a significant influence of positive verbal reinforcement in the learning process towards students' learning motivation on Social Science subject grade VIII Junior High School 2 Anak Tuha Central Lampung academic year of 2015/2016". This research used quantitative data collection method with normality test and data analysis test using theta test and kai square test. Based on the results of the calculations, the theta test equal to 0.40625 which means it is quite influential while the kai square test was 11.85 which means there is a significant influence.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan verbal positif dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Anak Tuha Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dengan dilakukan uji normalitas dan uji analisis data menggunakan uji theta dan uji kai kuadrat. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji theta sebesar 0,40625 yang berarti cukup berpengaruh dan uji kai kuadrat sebesar 11,85 yang berarti adanya pengaruh yang signifikan.Kata kunci: motivasi belajar, pemberian penguatan, pengaruh

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...