PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa

Wahyu Nur Hidayat (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)
Suparman Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of group discussion towards students learning motivation in History subject. The population of this study was 131 students with 88 students were taken as the sample. This study used quantitative data analysis with tetha correlation test. Based on the result of the analysis using theta correlation test, the value was 0.71; and after being correlated with the coefficient table, it was categorized as significant. Thus, the influence of group discussion towards students' learning motivation in History subject was significant.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 131 dan diambil sampel sebanyak 88 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Theta. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji korelasi theta didapat nilai sebesar 0,71 dan setelah dikaitkan dengan tabel koefisien korelasi, dapat di kategorikan tinggi atau kuat, jadi pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa adalah tinggi atau kuat.Kata Kunci: metode diskusi kelompok, motivasi belajar, pengaruh

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...