JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Respon masyarakat terhadap rencana pemanfaatan galian tambang pasir sebagai wahana wisata kolam pancing

A. Mafaza Kanzul Fikri (Universitas Jember)
Wachju Subchan (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak bekas galian tambang pasir desa Badean kecamatan Rogojampi kabupaten Banyuwangi dan untuk pemanfaatan bekas galian tambang pasir sebagai wahana wisata kolam pancing warga disekitar tambang pasir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Untuk melengkapi penelitian ini, penulis menggunakan data primer yang diperoleh melalui komunikasi langsung dengan responden yaitu warga sekitar tambang pasir. Populasi sampel adalah warga masyarakat disekitar tambang pasir di desa Badean Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling area dan untuk metode pengambilan datanya dengan cara documentasi, observasi dan mengajukan kuisioner pertanyaan terhadap warga sekitar tambang pasir. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa kegiatan penambangan pasir berdampak negative, dikarenakan sangat merugikan warga sekitar. Dampak negative tersebut diantaranya jalan umum menjadi rusak, ada beberapa korban jiwa terutamanya anak kecil yang tenggelam di bekas galian tambang pasir dan masih banyak lainnya. Peneliti juga melakukan upaya memberi solusi supaya bekas galian pasir tersebut menjadi bermanfaat bagi warga sekitar dengan cara mengubah bekas galian tambang pasir tersebut menjadi wahana wisata kolam pancing dan hasil wawancara terhadapat masyarakat sekitar tambang merespon sangat baik dan menyetujuinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...