Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 5, No 2 (2021): Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA DAN SAINS SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MA SAINS ROUDLOTUL QUR’AN LAMONGAN

Rokim Rokim (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Lamongan)
Roudlotul Hikmah (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Tantangan epistimologis bagi perkembangan pendidikan Islam kontemporer dalam konteks madrasah adalah dalam rangka menjawab tuntutan transformasi kelembagaan di tengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi MA Ilmu Roudlotul Qur’an dalam membangun citra institusinya dengan menggunakan paradigma integrasi keilmuan yang diterapkan pada nama madrasah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) menetapkan paradigma pendidikan agama dan keilmuan sebagai dasar untuk menciptakan perbedaan di madrasah melalui rumusan visi, misi, dan desain kurikulum dengan menggunakan strategi/silabus bedah KD materi PAI terhadap materi IPA terkait. 2) optimalisasi layanan dalam upaya membangun brand image madrasah menggunakan 7 elemen bauran layanan pendidikan, yaitu menjamin kualitas madrasah, menetapkan model biaya pendidikan bottom-up dengan dana donatur orang tua dan beasiswa, ketepatan memilih strategi lokasi dengan area parkir yang memadai, promosi lahiriah dan spiritual, kesadaran warga madrasah, penggunaan sidik jari absensi dan layanan full wi-fi, pengelolaan aplikasi POAC.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kuttab

Publisher

Subject

Education Other

Description

ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran ...