JURNAL TEKNIK
Vol 2, No 1 (2013): Januari-Juni 2013

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN BIDANG BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)

Rohmat Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2013

Abstract

Penilaian kinerja penting bagi setiap karyawan dan berguna bagi perusahaan  untuk menetapkan tindakan kebijaksanaan berikutnya.  Begitu juga bagi dosen pengampu mata kuliah untuk melihat hasil proses belajar menajar maka perlu kiranya dilakukan penailain kinerja dosen.Kriteria dan subkriteria yang digunakan dalam proses penilaian belajar mengajar dosen adalah Waktu (kehadiran dosen degan jadwal, waktu proses perkuliahan, waktu ujian), Kerapihan (Kesopanan pakaian, kerapihan pakaian, kebersihan dan keserasihan), Komunikasi (kejelasan kalimat, sopan santun kalimat, tata bahasa), Proses Perkuliahan (Menjelaskan SAP, menggunakan infokus, menciptakan suasana kondusif, menggunakan metode yang tepat), Penguasaan Materi (Tingkatan penyampaian materi, ada hubungan antara materi sebelumnya dengan sekarang atau dengan selanjutnya, menjawab pertanyaan berdasarkan buku acuan), Evaluasi Belajar (kesesuaian materi dengan soal, presentasi penilaian, bentuk so’al).Metode yang digunakan untuk memeproses penilaian kinerja proses belajar mengajar dosen dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Tujuan daripada penilaian kinerja dosen ini adalah untuk melihat hasil proses belajar mengajar yang dilakaukan oleh dosen yang nantinya bisa digunakan untuk melihat melakukan evaluasi bagi setiap dosen yang sudah dinilai. Keywords: Penilaian Kinerja, Penilaian Kinerja Dosen, AHP

Copyrights © 2013