Healthy Journal
Vol. 8 No. 3 (2017): AKURAT Edisi September-Desember 2017 | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA

PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PENILAIAN KINERJA PADA KINERJA ORGANISASIONAL SEKTOR PUBLIK (Studi kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan & Aset; Dinas Perpustakaan & Kearsipan; dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah)

I Nyoman Agus Wijaya (Unknown)
Maria Natalia (Unknown)
Vanekeu Irenne (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhpenggunaan sistem penilaian kinerja pada organisasi sektor publik seperti Badan Pengelolaan Keuangan & Aset; Dinas Perpustakaan & Kearsipan; dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah. Hipotesis kami bahwa cara mana sistem digunakan yang memiliki pengaruh terhadap kinerja organisasional dan bahwa pengaruh kinerja ini tergantung pada contractibility dan akuntabilitas. Kami mengharapkan organisasi sektor publik dapat menggunakan sistem pengukuran kinerjanya dengan tepat sesuai dengan karakteristik aktivitasnya sehingga mampu untuk meningkatkan kinerja organisasional kearah yang lebih baik. Kami melakukan survey kepada instansi pemerintahan (Badan Pengelolaan Keuangan & Aset; Dinas Perpustakaan & Kearsipan; dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah). Hasil yang kami dapatkan bahwa Kinerja Instansi Pemerintah pada Badan Pengelolaan Keuangan & Aset; Dinas Perpustakaan & Kearsipan; dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dipengaruhi secara negatif oleh sistem contractbility dan akuntabilitas. Selain itu, Sistem pegukuran kinerja untuk tujuan eksploratori yang ada didalam Badan Pengelolaan Keuangan & Aset; Dinas Perpustakaan & Kearsipan; dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah cenderung untuk meningkatkan kinerja melalui aktivitas contractbility yang rendah serta Sistem pegukuran kinerja untuk tujuan eksploratori cenderung untuk meningkatkan kinerja melalui akuntabilitas yang rendah pada instansi pemerintah seperti Badan Pengelolaan Keuangan & Aset; Dinas Perpustakaan & Kearsipan; dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akurat

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Healthy Journal adalah jurnal ilmiah yang menyampaikan hasil penelitian, pemikiran maupun kreasi ilmiah dalam bidang ilmu keperawatan kesehatan. Ilmu keperawatan sebagai suatu bidang keilmuan dan seni yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk mencapai status kesehatan yang ...