IQRO: Journal of Islamic Education
Vol 4, No 2 (2021): DESEMBER 2021

Nilai-Nilai Pendidikan Islam berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Andi Arif Pamessangi (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Tulisan ini berisi hasil kajian tentang nila-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Institut Agama Islam Negeri Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan pembelajaran Bahasa Arab pada Institut Agama Islam Negeri Palopo, yang Kedua untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal yang terdapat didalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dimulai dari pengamatan secara mendalam terhadap dokumen kurikulum yang tersedia, disamping itu peneliti juga melakukan pengamatan pada dokumen pembelajaran lain seperti Rencana Pembelajaran Semester, Satuan Acara Perkuliahan, serta data lain melalui jurnal ilmiah, buku- referensi, serta bahan publikasi yang relevan. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara kepada para dosen pengampu pembelajaran Bahasa Arab dalam menguatkan hasil analisa dan pengamatan pada pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Palopo. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum bahasa Arab yang digunakan mengedepankan nilai-nilai pendidikan Islam yang terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan lokal. Nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Palopo dapat dibagi kedalam tiga aspek meliputi nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Adapun nilai-nilai kearifan lokal meliputi nilai lempu (jujur), ade’le’ (adil), getteng (teguh), ininnawa (peduli), dan acca (cendekia).Kata kunci: Kearifan Lokal, Nilai-nilai pendidikan Islam, Pembelajaran Bahasa Arab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...