Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 6 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear

Khoirul Anam Dwi Wicaksono (Universitas PGRI Semarang)
Agung Handayanto (Universitas PGRI Semarang)
Nurina Happy (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Media pembelajarandalam proses pembelajaran di sekolah perlu terus dilakukanpembaruan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajarane-modulberbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yang valid, praktis, dan efektif.Pada penelitan dan pengembangan inimenggunakan model ADDIE yangterdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Untuk data akhirdianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t satu pihakkanan. Darianalisis data akhir dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pesertadidik kelas eksperimenlebih baik dari peserta didik kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan e-modulberbasis pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan kelas yang tanpa menggunakan e-modulberbasis pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...