JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
Vol 7, No 1 (2019)

Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Kapuas Berbasis Web

Almuqsitu, Abang Boni (Unknown)
Tursina, Tursina (Unknown)
S, Anggi Srimurdianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum atau disingkat dengan (PDAM) Tirta Kapuas, merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah daerah yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat yang bertanggungjawab dalam sektor pendistribusi air bersih bagi masyarakat dan memberikan jasa pelayanan serta menyelenggarakan pemanfaatan dibidang air minum. Aktivitas PDAM Tirta Kapuas antaralain mengumpulkan, mengolah, menjernihkan, sampai dengan mendistribusikan air kepada masyarakat/pelanggan. Selain kondisi geografis yang didominasi wilayah perbukitan dan sungai, Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki  rentang luas daerah yaitu 29.842 km². Mayoritas masyarakat/pelanggan PDAM Tirta kapuas sendiri yang jumlah penduduknya 229.764 jiwa (2014), menyebar didaerah Kabupaten Kapuas Hulu yang kondisi geografisnya memerlukan alat transportasi khusus untuk mencapainya. Hal tersebut menjadi tantangan berat bagi PDAM Tirta Kapuas untuk memberikan pelayanan kepada pelanggannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan aplikasi pelayanan pelanggan yang diharapkan bisa memberikan solusi dalam menampung pengaduan serta membantu kinerja PDAM Tirta Kapuas dalam melayani dan mengatasi permasalahan teknis dilapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem aplikasi pelayanan pelanggan PDAM Tirta Kapuas berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan DBF (DataBase File) sebagai penyimpanan data terkait data pelanggan, tarif, pengaduan, data sambungan baru dan informasi tentang PDAM Tirta Kapuas. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode blackbox dan kuesioner yang diberikan kepada 15 responden, dari hasil pengujian blackbox menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Dari hasil pengujian kuesioner penggunaan aplikasi yang dihitung menggunakan metode mencari interval persentase skala likert didapatkan persentase dengan total rata –rata 94,50% dan pengujian perbandingan didapatkan persentase dengan total 100,00%. Hal ini berarti responden menyatakan setuju bahwa aplikasi pelayanan pelanggan PDAM Tirta Kapuas berbasis web yang dibangun dapat membantu, mendukung dan dapat mengatasi masalah terkait pelayanan pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat mengatasi permasalahan terkait pelayanan pelanggan, pada PDAM Tirta Kapuas Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the ...