JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
Vol 9, No 2 (2021)

Komparasi Metode Simple Additive Weighting dan Weighted Product dalam Pemilihan Guru Terbaik pada SMK Raflesia Depok

Mazia, Lia (Unknown)
Utami, Lilyani Asri (Unknown)
Muid, Abdul (Unknown)
Pujiastuti, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

SMK Raflesia Depok merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang beralamat di Jalan Mahkota Raya No.32B Komplek Pondok Duta I, Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. SMK Raflesia Depok memiliki dua program keahlian, yaitu Keperawatan dan Rekayasa Perangkat Lunak dengan jumlah guru yang ada 17 guru. Untuk itu upaya dalam meningkatkan kualitas sekolah yaitu dengan melakukan penilaian terhadap kinerja semua guru melalui pemilihan guru terbaik. Di SMK Raflesia Depok masalah yang terjadi adalah belum adanya penilaian yang signifikan dan penghargaan bagi guru-guru. Selama ini Kepala Sekolah hanya menilai kehadiran dan kelengkapan administrasi saja. Jika penilaian yang dilakukan hanya dari kehadiran dan kelengkapan administrasi saja akibatnya tidak objektif dan tidak memenuhi penilaian yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK Raflesia Depok dalam penerapan sistem pendukung keputusan pemilihan guru terbaik dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting dan Weighted Product. Hasil perhitungan tingkat kesesuaian, perbandingan total prosentase kesesuaian pada metode Simple Additive Weighting (SAW) lebih besar yaitu dengan total prosentase 99.36475%, dibandingkan dengan metode Weighted Product (WP) dengan total prosentase 37.59%. Dengan demikian metode yang direkomendasikan untuk pemilihan guru terbaik adalah Simple Additive Weighting (SAW).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the ...