JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
Vol 7, No 1 (2019)

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Daerah Prioritas Penanganan Stunting pada Balita Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus : Kota Pontianak)

Syafi'ie, Mahmud (Unknown)
Tursina, Tursina (Unknown)
Yulianti, Yulianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga tinggi atau panjang badan anak terlalu pendek untuk usianya. Pada tahun 2017 dari hasil Pantauan Status Gizi (PSG) yang dilakukan oleh pemerintah pusat di Kota Pontianak tercatat sebanyak 28% balita dinyatakan terkena stunting. Hasil PSG 2017 tersebut mengalami perbaikan dengan angka persentase penurunan stunting sebanyak 4% dari tahun sebelumnya, yaitu 32% di tahun 2016. Untuk dapat mendukung dalam mengurangi angka persentase stunting di Kota Pontianak, dibuatlah sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan daerah prioritas penanganan stunting pada balita. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu pihak pengambil keputusan. Sistem pendukung keputusan bukan merupakan alat pengambilan keputusan, melainkan sebagai sistem yang membantu pengambil keputusan yang dilengkapi informasi dari data yang telah diolah dengan relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan lebih cepat dan akurat. Metode TOPSIS merupakan metode yang digunakan pada aplikasi ini. Metode TOPSIS adalah suatu metode alternatif terbaik yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Hasil keluaran dari aplikasi ini adalah urutan nilai preferensi dari nilai terbesar hingga terkecil berdasarkan alternatif yang menjadi pilihan. Adapun hasil pengujian kuesioner yang sudah dilakukan responden memberi tanggapan dengan rata-rata nilai 80% dari tiga aspek penilaian yaitu aspek rekayasa perangkat lunak, aspek fungsionalitas perangkat lunak, dan aspek visual perangkat lunak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the ...