JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
Vol 5, No 2 (2017)

Sistem Penentuan Status Gizi Balita Menggunakan Penalaran Berbasis Kasus dengan Metode Sorenson Coefficient (Studi Kasus: Kota Pontianak)

Widiatuning, Widiatuning (Unknown)
Safriadi, Novi (Unknown)
Pratiwi, Helen Sasty (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2017

Abstract

Kota Pontianak merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rawan akan masalah gizi. Dari tahun ke tahun masalah gizi selalu menjadi perhatian. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan, namun masalah gizi masih cukup tinggi, sehingga penanganan yang tepat perlu dilakukan dengan memantau tumbuh kembang anak secara berkala. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan penalaran berbasis kasus pada sistem penetuan status gizi balita di Kota Pontianak menggunakan metode sorenson coefficient. Sistem ini dibangun dengan menentukan status gizi balita menggunakan penalaran berbasis kasus atau yang sering disebut case based reasoning (CBR). Untuk menghasilkan output berupa status gizi menggunakan nilai similaritas, metode yang digunakan adalah sorenson coefficient dengan output dari sistem ini berupa status gizi berdasarkan umur menurut berat badan dan umur menurut panjang badan. Sistem ini berupa sistem penentuan status gizi balita yang menerapkan penalaran berbasis kasus.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

justin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the ...