Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2021): Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE TGT (TEAMS GAME TURNAMENT) PADA KELAS IV MI NW KARANG BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nita Sunarya Herawati (STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM 80% matematika mengenai materi bangun datar dengan menggunakan Metode Pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) pada kelas IV MI NW Karang Baru, kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2020, dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 22 juni 2020. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MI NW Karang Baru Kecamatan Wanasaba Timur Kabupaten Lombok Timur tahun ajaran 2019/2020, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat memenuhi target pencapaian KKM 80% matematika bangun datar pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pada setiap siklus dan adanya capaian presentase hasil belajar matematika yang secara klasikal sudah melampui batas capaian KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 5,7 dengan nilai rata-rata Pra Siklus 69,9 dan Siklus I 75,6. Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 4,9 dari nilai rata-rata 75,6 menjadi 80.5. Tercapaianya target pencapaian KKM terbukti pada hasil dari Siklus II dengan rincian; Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 anak dengan presentase ketuntasan baru mencapai 66,7%, kemudian pada Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 18 anak dengan presentase ketuntasan sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 85.7%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alifbata

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal AlifBata focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level / Madrasah. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes; Learning (Mathematics, Science, Social Studies, ...