Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2021): Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar

PENDEKATAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL DALAM STUDY HADIST

Andri Afriani (STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB)
Firad Wijaya (IAIH Anjani Lombok Timur)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Pendekatan tekstual dan Kontekstual sangat berarti dalam pemahaman keilmuan hadits. Dengan pendekatan tekstual dan kontekstual kita dapat ketahui bahwa suatu hadits muncul tidak serta merta begitu saja, melainkan karena ada sebab-musababnya. Pendekatan tekstual lebih cenderung berlaku pada ibadah Mahdah (Murni) antara hubungan manusia dengan Tuhan atau yang sering kita sebut dengan (Hablumminallah) seperti Shalat misalnya.Sedangkan pendekatan kontekstual lebih melihat pada konteks historis, sosiologis dalam kultural dan temporal suatu hadits sehingga dalam memahami hadits tidaklah begitu baku tapi lebih bijaksana dengan mengkaji keadaan kontemporer masyarakat sekarang tanpa menghilangkan ruh dari nash hadits tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alifbata

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal AlifBata focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level / Madrasah. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes; Learning (Mathematics, Science, Social Studies, ...