Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 01 (2020): Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan

ANALISIS ASPEK ORIGINALITY PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Nurdayanti, Siti (Unknown)
Putri, Azza Nuzullah (Unknown)
Nevrita, Nevrita (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa pada aspek indikator berpikir orisinal materi perubahan lingkungan kelas X IPA SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa kelas X IPA tahun ajaran 2019/2020 SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal essay sebanyak 10 butir soal. Soal tes ini dinyatakan valid karena nilai r.hitung bernilai 1 dan nilai r.tabel bernilai 0.184. Instrumen ini  digunakan untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa pada aspek berpikir orisinal. Hasil analisis tes aspek indikator keterampilan berpikir kreatif pada aspek berpikir orisinal mencapai kategori kurang kreatif, Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa pada aspek indikator berpikir orisinal kelas X IPA SMA Negeri 4 Tanjungpinang pada kategori kurang kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah baik penelitian maupun non penelitian mengenai ilmu kependidikan pada umumnya. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Selain menerbitkan artikel-artikel yang ditulis oleh dosen ...