Tujuan penelitian ini adalah1) mengetahui perencanaan karir siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkayang, 2) mengetahui Pelaksanaan layanan informasi dengan teknik Biblio-therapy untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkayang, 3) peningkatkan perencanaan karir siswa melalui layanan informasi dengan teknik Biblio-therapy kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkayang.Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode Deskriptif sedangkan bentuknya yaitu penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Subjek penelitian yang digunakan yang berjumlah 34 siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkayang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik studi dokumnter. Alat pengumpul data yang digunakan berupa panduan obesrvasi, panduan wawancara, skala psikologis, dokumentasi. Hasil pnlitian ini menunjukan bahwa meningkatkan perencanaan karir melalui layanan informasi dengan teknik Biblio-thrapy pada siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkayang. Meningkatkan perencanaan karir, melalui 4 langkah 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Berdasarkan Hasil penelitian terdapat peningkatan peresentase awal 51% mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya tindakan pada siklus I meningkat menjadi 64% namun masih kategori “Cukup” dan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 74 % dengan kategori “Baik”. Dari hasil peningkatan penelitian diatas disarankan guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan
Copyrights © 2020