Warta Perpustakaan Pusat Undip
Volumen 14, Nomor 1, Tahun 2021 (Mei 2021)

LAYANAN SIRKULASI DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DRIVE THRU DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PURWOKERTO

Agung Hariadi (Perpustakaan Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai)
Dwi Indah Hayuningtyas (Perpustakaan Universitas Muhamadiah Purwokerto)
Aziz Mujahidin (Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Situasi pandemi covid-19 menjadi pemicu munculnya berbagai masalah kehidupan. Masalah tersebut berada di sektor ekonomi, sosial, hingga pendidikan. Tak terkecuali bagi perpustakaan perguruan tinggi IAIN Purwokerto. Penanganan pemustaka beralih media ke peminjaman digital guna tetap memberikan layanan prima pada sivitas akademika IAIN Purwokerto. Ditulis dengan pendekatan deskriptif kualitatif serta pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi, melalui tulisan ini penulis akan mencoba menganalisis alur mekanisme dan kendala yang ditemui oleh perpustakaan IAIN Purwokerto dalam melakukan terobosan dalam layanan prima dengan pemustaka. Terobosan layanan prima berupa peminjaman melalui Drive Thru adalah langkah pasti Perpustakaan IAIN Purwokerto konsisten memberikan layanan primanya. Perpustakaan IAIN Purwokerto berinovasi dengan membuka layanan Drive Thru dimana peminjaman menggunakan Google Form untuk pemesanan buku yang akan dipinjam dan tenaga perpustakaan mengambilkan buku yang dipesan di rak perpustakaan untuk kemudian dipinjamkan ke pemustaka melalui layanan ini. Hasil dari penelitan, pemustaka tetap bisa melakukan peminjaman koleksi tanpa menimbulkan kerumunan sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Diharapkan dengan adanya layanan ini bisa menjadi solusi bagi pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi untuk memanfaatkan koleksi di Perpustakaan IAIN Purwokerto.

Copyrights © 2021