Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 2 No 2 (2020): November

Upaya Meningkatkan Minat Siswa Dengan Model Pendampingan Belajar di Kelas IV MI Al Abror Pandansili

Misbahur Khoir (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

ABSTRAK Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Media kartu pecahan digunakan guru melalui sebuah permainan kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili yang berjumlah 69 siswa, terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, wawacara, dokumentasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 65,7% sedangkan pada siklus II sebesar 94,5%. Selain ituminat siswa dalam belajar matematika khususnya materi pecahan juga meningkat. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar Matematika, Kartu Pecahan ABSTRAK Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Media kartu pecahan digunakan guru melalui sebuah permainan kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili yang berjumlah 69 siswa, terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, wawacara, dokumentasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 65,7% sedangkan pada siklus II sebesar 94,5%. Selain ituminat siswa dalam belajar matematika khususnya materi pecahan juga meningkat. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar Matematika, Kartu Pecahan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...