Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2019): Peningkatan Kemampuan Guru dan Siswa Melalui Berbagai Pendidikan Kreatif dan Inov

INVESTOPRENEUR PADA ALUMNI FE UNESA

Sista Paramita (Unknown)
Tias Andarini Indrawati (Unknown)
Rosa Prafitri Juniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tingkat literasi keuangan pada alumni FE UNESA masih rendah. Mereka belum paham cara berinvestasi di pasar modal dan masih memiliki persepsi bahwa berinvestasi di pasar modal memerlukan biaya mahal, mengandung unsur judi, dan berrisiko tinggi. Untuk meningkatkan pemahaman literasi keuangan pasar modal pada alumni FE UNESA, maka dilakukan pelatihan dengan memberikan materi Motivasi Investopreneur dan Dasar Investasi di Pasar Modal, simulasi software SPOT, pendampingan dan pembentukan Investor Club. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pembinaan serta pendampingan dan dilanjutkan dengan monitoring. Hasilnya, dari 10 orang alumni yang mengikuti pelatihan intensif, terdapat peningkatan pemahaman investasi dasar bagi pemula untuk menjadi seorang Investopreneur. Peserta juga mengalami perubahan mind-set bahwa tindakan spekulatif (judi) dapat diminimalisir bahkan dihindari dengan melakukan analisis menggunakan analisis fundamental dan teknikal,. Peserta setelah mengikuti simulasi juga menunjukkan ada peningkatan keterampilan menggunakan software trading SPOT, bahkan mereka dapat menghasilkan keuntungan pada saat simulasi games dengan menggunakan data real time secara online.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

panjar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ...