Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2019): Peningkatan Kemampuan Guru dan Siswa Melalui Berbagai Pendidikan Kreatif dan Inov

PELATIHAN PENULISAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH TERAKREDITASI NASIONAL BAGI GURU DI MGMP GEOGRAFI SMA KOTA SEMARANG

Andi Irwan Benardi (Unknown)
Hariyanto Hariyanto (Unknown)
Saptono Putro (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Dalam kegiatan pengembangan publikasi ilmiah, salah satu kegiatan yang bisa dikonversi menjadi angka kredit adalah Penelitian . Melalui kegiatan Penelitian , guru bisa memperoleh beberapa angka kredit yang berupa Laporan hasil Penelitian berupa proceding atau jurnal ilmiah. Namun permasalahan yang dihadapi oleh para guru adalah laporan Penelitian tersebut seringkali hanya berakhir dalam bentuk laporan Penelitian saja, dan tidak dimanfaatkan kembali melalui pengolahan menjadi bentuk karya tulis ilmiah lainnya seperti artiel dikirim ke jurnal nasional. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan ketrampilan para guru dalam mengonversi laporan Penelitian menjadi bentuk karya tulis ilmiah lainnya tersebut. Pengabdian ini akan mengambil lokasi di MGMP Geografi SMA Kota Semarang. Metode pelaksanaan yang dipakai dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi, pelatihan, dan workshop. Luaran yang diharapkan dalam Penelitian ini adalah draft publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh guru. Dengan program ini, kualitas guru-guru di MGMP Geografi SMA Kota Semarang dapat meningkat sehingga bisa menjadi guru yang profesional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

panjar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ...