Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2019): Peningkatan Kemampuan Guru dan Siswa Melalui Berbagai Pendidikan Kreatif dan Inov

EVALUASI PROGRAM “MODEL LOGICAL FRAMEWORK” UNTUK PENGELOLA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)

Imam Shofwan (Unknown)
Amin Yusuf (Unknown)
Sawa Suryana (Unknown)
Ghanis Putra Widhanarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Semakin menurunnya peran pendidikan nonformal terutama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai satuan pendidikan nonformal yang ada di setiap kecamatan dalam melayani pendidikan masyarakat yang tujuannya untuk meningkatkan pendidikan dan memajukan perekonomian masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan soft skills kepada ketua pengelola dalam melakukan pengelolaan PKBM menngunakan model logical framework dalam perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi program yang dilakukan. Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini dengan melakukan tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Berkaitan dengan pelaksanaan dilakukan beberapa tahapan, diantara tahap pertama peserta diberikan soal pretes, tahap kedua peserta diberika materi tentang evaluasi program logical framework, tahap ketiga peserta berlatih melakukan evaluasi menggunakan evaluasi program logical framework, tahapan keempat bimbingan melakukan evaluasi program logical framework, tahap kelima, analisis masing-masing peserta berkaitan dengan pekerjaan melakukan evaluasi program logical framework. Hasil pelaksanaan workshop evaluasi program logical framework ini sangat membantu sekali para pengelola atau ketua PKBM dalam mengatasi permasalahan yang dialaminya selama ini. Selain itu membantu pengelola PKBM dalam merencakan agenda-agenda program kegiatan dapat direncanakan dengan baik sehingga hasilnya dapat lebih maksimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

panjar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ...