JIMEBIS
Vol 1 No 2 (2020)

PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KONSUMEN TOKO RATU TEXTILE BANDA ACEH)

Mutiara Kinanti (Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry)
Hafidhah H (Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry)
Aida Rina (Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan di toko Ratu Textile pada konsumen yang pernah melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Toko Ratu Textile Banda Aceh”. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 125 responden yaitu seluruh pelanggan toko Ratu Textile di Banda Aceh. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 56,228 > 2,68. Periklanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung < Ttabel 1,902 < 1,979. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 3,098 > 1,979. Penjualan pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hasil ini dibuktikan dengan Thitung > Ttabel 6,307 > 1,979.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIMEBIS

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIMEBIS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam is a Scientific Journal of Islamic Economics and Business dedicated for students’ article co-authored with lecturers. The articles published in this journal is based on scientific research done during the study and discuss Islamic economics ...