SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 1 (2021): January - Juny

Pengembangan Sistem Informasi Harga Pangan Strategis Berbasis Teknologi Informasi di Kota Kendari

Rahmatia Rahmatia (PPs STIE Amkop Makassar)
Rince Tambunan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan penyebab kekurangan stock maupun harga pangan melalui informasi harga panga strategis, dan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam mengetahui ketersediaan harga pangan. Pengambilan sampel penelitian ditetapkan di Kota Kendari pada dua pasar strategis sebagai obyek penelitian. Sampel pasar akan dipilih sebanyak 10 (sepuluh) jenis komoditi pangan strategis pedagang besar dan (sepuluh) komoditi pangan strategis pedagang pengecer yang diperdagangkan oleh 2 (dua) pedagang besar dan pengecer di pasar tradisional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perkembangan harga yang terjadi pada beberapa komoditi pangan strategis selalu berfluktuasi dan memiliki perbedaan (dispritas) harga antar pasar, antar pedagang yang ada pada beberapa pasar di Kota Kendari; (2) Faktor yang mempengaruhi adanya kenaikan harga pangan strategis berturut-turut adalah (a). mekanisme pasar yang tidak menentu (b) kurangnya informasi harga pasar (c). harga dari pemasok atau distributor (d). persediaan stok barang yang tidak menentu (e) proses mata rantai distribusi barang dari produsen ke distributor, distributor ke pedagang dan pedagang besar ke konsumen; dan (3) Pentingya penggunaan dan pengembangan sistem informasi harga pangan strategis yang berbasis web atau berbasis aplikasi di setiap daerah Kota Kendari dalam rangka menjaga keseimbangan harga dan pengendalian tingkat inflasi daerah. Kata kunci: Informasi Harga Pangan Strategis; Teknologi Informasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...