Kualitas pembelajaran dilihat dari keterkaitan antara kemampuan dosen dalam melaksanakan pembelajaran, aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa, dan iklim pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tuntutan perkembangan bisnis. Case-Based Learning merupakan salah satu metode pembelajaran untuk Student Center Learning. Kasus merupakan masalah yang kompleks berbasis kondisi senyatanya untuk merangsang diskusi kelas dan analisis kolaboratif. Pembelajaran kasus melibatkan kondisi interaktif, eksploratif mahasiswa terhadap situasi realistis dan spesifik. Hasil penelitian ini mengklasifikasikan kelompok ke dalam dua kelas yang mengambil mata kuliah perpajakan pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Angkatan tahun 2016, 2017, 2018 (Kelas A) merupakan kelas yang menjadi kontrol dan Angkatan tahun 2019, 2020 (Kelas B) merupakan kelas yang dijadikan eksperimen (mendapatkan treatment menggunakan metode mind mapping). Kelas A berjumlah 26 mahasiswa dan Kelas B berjumlah 20 mahasiswa. Hasil hipotesis penelitian ini tidak terdapat perbedaan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah perpajakan antara mahasiswa yang menerapkan pembelajaran berbasis kasus dengan mahasiswa yang tidak menerapkan pembelajaran berbasis kasus.
Copyrights © 2021