El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR POS SINDANGLAYA CIPANAS

Sirojudin Siroj (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)
Desti Nurwidiawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)
Asrti Mailani (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)
Rizki Alyan Syachwaldi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)
Agus Irawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)
M. Yusuf Nurohman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)
Sandi Aditya (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada kantor pos Sindanglaya. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan pengiriman barang di kantor pos Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkn bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung yang bernilai positif sebesar 0,5688 dengan taraf signifikansi 0,000 diatas signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian t hitung t tabel (5,688 > 1,984), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Sindanglaya. Adapun persamaan analisis regresi linier sederhananya yaitu: Ŷ = 9,118 + 0,139X. ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the effect of service quality on customer satisfaction at the Sindanglaya post office. This type of research is field research with a quantitative approach. The population of this study were all customers of the Sindanglaya Post Office. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The population in this study were all customers who used the delivery service at the Sindanglaya post office. Samples taken were 100 respondents. The results of this study indicate that the service quality variable has a positive t count of 0.5688 with a significance level of 0.000 above the significance of 0.05 (0.000 <0.05). Thus t count t table (5.688> 1.984), then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be stated that Service Quality has a significant influence on Customer Satisfaction at PT. POS. Sindanglaya. Simple linear regression analysis Ŷ = 9,118 + 0,139X.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elecosy

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam is a journal that contains Islamic economics and finance which was formed and decided based on the results of a leadership meeting with Number: 006 / SK / Dek-FEBI / Unsur / V / 2019. El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is an academic journal ...