Pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar negara Indonesia berpotensi untuk berkembang lebih baik lagi melalui penelitian. Pada era digital saat ini, tidak efektif dan efisien apabila penelitian masih menggunakan survei. Big Data merupakan kumpulan banyak data yang berasal dari berbagai jenis sumber data dan dapat bertambah dengan sangat cepat menjadi solusi yang tepat dalam membantu penelitian terkait pariwisata di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis big data melalui Google Trends. Penelitian ini memilih lokasi wisata di Pulau Lombok, Pulau Raja Ampat, Danau Kelimutu, Pulau Komodo, dan Gunung Bromo. Penggunaan kategori di Google Trends yang digunakan adalah hobi, travel, dan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis, mayoritas negara yang sering melakukan pencarian terkait lima tempat wisata di Indonesia adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Australia, dan Hong Kong. Mayoritas negara yang sering melakukan pencarian terkait lima tempat wisata Indonesia berdasarkan kategori hobi, travel, dan masyarakat adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Australia, dan New Zealand
Copyrights © 2021