J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 1, No 2 (2020): OKTOBER

MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PELAKU PEREKONOMIAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK

Eman Sulaeman (SMP Negeri 1 Tambaksari)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, mengidentifikasi kendala, dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Tambaksari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik guru dituntut untuk menentukan tema yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan siswa SMP. Pada siklus I pertemuan 1 kreativitas siswa terlihat dari dimensi proses dimana siswa dengan cepat menyelesaikan LKS mencari kata (creative learning). Siklus I pertemuan 2 kreativitas siswa lebih menonjol pada dimensi produk, yakni, siswa membuat lambang dan iklan lowongan kerja yang sesuai dengan cita-cita mereka. Dimensi proses lebih meningkat ketika siswa melakukan diskusi kelompok pada siklus II pertemuan 1. Pada siklus II pertemuan 2 siswa membuat sebuah produk yang bernilai ekonomis. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran tematik pada tema yang berbeda sehingga pembelajaran IPS untuk tingkat SMP sesuai dengan tuntutan kurikulum yang menyatakan bahwa pembelajaran IPS pada tingkat SMP harus dilakukan secara integrasi sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Kreativitas, Pembelajaran IPS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...