J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 1, No 2 (2020): OKTOBER

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI KARSAMENAK KOTA TASIKMALAYA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY)

Nenden Nenden (SD Negeri Karsamenak)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Sekolah Dasar merupakan titik awal seorang anak menuntut ilmu. Berbagai macam mata pelajaran diajarkan di sekolah dasar seperti PAI, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Daerah dan muatan lokal  lainnya seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pengenalan ICT sangat dibutuhkan dalam pembelajaran komputer di sekolah dasar. Pada tingkat sekolah dasar biasanya pengenalan ICT lebih cenderung ke arah kemampuan menggunakan komputer dan internet daripada media yang lain. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan di SD Negeri Karsamenak Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 15 September 2018 sampai dengan 15 Nopember 2018. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang guru SD Negeri Karsamenak Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan catatan data lapangan, wawancara, hasil tes  dan catatan hasil refleksi/diskusi yang dilakukan oleh peneliti dan mitra peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kompetensi pedagogik dapat ditingkatkan melalui penggunaan media ICT. Hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan penelitian tindakan yang dilakukan selama 3 siklus, dimana pada ke 3 siklus tersebut kemampuan guru dalam penguasaan media pembelajaran dan kegiatan pembelajaran terus meningkat. Aspek pemahaman terhadap ICT, sikap kooperatif guru selama kegiatan, aplikasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran pada kompetensi pedagogik guru menunjukkan hasil  peningkatan. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, ICT.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...