Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik yang menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan media pembelajaran audio visual tipe video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Media Audio Visual Jenis Video pada pengukuran awal (pretest) dan akhir (post-test). 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan akhir (post-test). 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Media Audio Visual Jenis Video dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (post-test). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental). Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Media Audio Visual Jenis Video pada pengukuran awal (pretest) dan akhir (post-test). 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan akhir (post-test). 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Media Audio Visual Jenis Video dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (post-test). Kata kunci: media pembelajaran audio visual tipe video, hasil belajar.
Copyrights © 2021