Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Deperti kita ketahui, hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Times Games Tournament akan mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) ? 2). Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) ? 3). Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) ?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1). Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2). Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3). Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen tipe Quasi Eksperimen Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X MIPA di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Pembelajaran Konvensional
Copyrights © 2020