Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 3 (2021): November

Pengembangan Media Demonstrasi Kimia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pemisahan Kimia Melalui Lesson Study

Muti'ah Muti'ah (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram)
I Nyoman Loka (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram)
Muntari Muntari (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini tentang penerapan media demonstrasi kimia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pemisahan Analitik. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus melalui pendekatan Lesson Study  yang terdiri dari perencanaan/plan, pelaksanaan-observasi/do, dan refleksi/see.Pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang bersifat kolaboratif dalam diskusi antar tim pada kegiatan plan, do dan refleksi, serta data hasil belajar mahasiswa. . Hasil analisis data dalam kegiatan plan dan see selama 2 siklus menunjukkan adanya perubahan dinamis yang ditunjukkan oleh: (1) perubahan sikap positif tim pengajar: terbentuk rasa kolegalitas, bersikap terbuka, belajar dari pengalaman nyata, adanya kerjasama untuk  mengembangkan, saling membagi ide baru dan membuktikannya. (2) Ditemukannya 4 formulasi efektif dalam penggunaan media demonstrasi kimia–gambar power point yaitu: penguasaan materi, terjangkau seluruh mahasiswa, sinkronisasi hasil demonstrasi–gambar pada power point, dan ketersediaan waktu. (3) Adanya peningkatan perhatian, aktivitas, dan motivasi dalam pembelajaran. (4) adanya  peningkatan pemahaman mahasiswa dalam mengidentifikasi fasa gerak dan fasa diam, mengevaluasi terjadinya pemisahan komponen, dan interpretasi data percobaan dari 51 hingga 82 pada siklus I dan dari 49 menjadi 84 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan media demonstrasi kimia pada  pembelajaran Pemisahan Analitik yang berkualitas 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...