Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana adaptasi pembelajaran daring melalui platfrom media digital yang dilakukan oleh guru digital immigrant di Kota Padang. Hal ini menarik untuk diteliti dikarenakan pandemi Covid-19 membawa perubahan kepada sistem pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara konvensional dimana guru dan siswa berada pada ruangan yang sama di sekolah, kini harus bertransisi menjadi sistem pembelajaran daring yang bertumpu kepada penguasaan teknologi informasi. Terdapat sekolompok guru yang kurang mampu menguasai teknologi informasi namun tetap dituntut untuk mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan. Kelompok guru ini dikenal dengan digital immigrant. Proses adaptasi pelakasanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru digital immigrant ini kemudian dianalisis dengan menggunakan Teori struktural dari Talcott Parson. Hasil penelitian menunjukan guru digital immigrant memiliki keterbatasan dalam melaksanakan pembelajaran menggunkan teknologi informasi. Bagi guru digital immigrant platform yang digunakan untuk proses pembelajaran daring seperti Zoom, WhatsApp, Google Meet, I-learn merupakan media digital yang tidak sederhana. Namun guru digital immigrant tetap melakukan adaptasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring seperti terus belajar melalui video tutorial Youtube, mengikuti pelatihan serta belajar dengan rekan sesama guru. Hal tersebut dilakukan guna tujuan pendidikan tetap dapat tercapai meskipun terjadi transisi perubahan sistem pembelajaran.
Copyrights © 2022