Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 11, No 2 (2021): Edisi Juli-Desember 2021

GAMBARAN PROFESIONALISME GURU BK DALAM PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Ade Chita Putri Harahap (Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate)
Dinda Permatasari Harahap (UNIVERSITAS MEDAN AREA)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk melihat gambaran profesionalisme guru BK dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling. Populasi dalam penelitian ini adalah guru BK di 17 sekolah di Kota Medan sebanyak 34 orang guru BK. Teknik pengambilan sampling menggunakan total sampling. Metode analisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru BK berada pada kategori sedang (X̄=65,5). Indikator paling tinggi terlihat pada aspek memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional, sedangkan aspek paling rendah terdapat pada komponen menguasai konsep dan praksis assesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli. Lima indicator lain berada pada kategori sedang yakni, menguasai kerangka teoritik dan praksis bimbingan dan konseling, merancang program bimbingan dan konseling, mengimplementasikan program bimbingan dan konseling, memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional dan menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...